Bagidata

Tentu setiap orang memiliki pekerjaan ideal masing-masing. Hanya saja tidak semua orang beruntung memiliki pekerjaan yang mereka inginkan. Meskipun kalian tidak memiliki yang kalian impikan, atau bahkan saat ini kalian sudah mendapatkan pekerjaan yang sudah lama kalian impikan hanya namun belum tentu perusahaan kalian memiliki budaya yang tepat. Memilih tempat kerja terkadang mirip dengan memilih pendamping hidup. Butuh pertimbangan dan harus selektif. 

 

Bisa saja kalian menerima pekerjaan kalian yang sekarang karena memang kalian butuh kerja dan kalian menerima pekerjaan tanpa memikirkan budaya perusahaan. Gaji boleh saja tinggi, tetapi hal krusial yang tidak boleh kalian lupakan adalah budaya perusahaan. Budaya perusahaan bisa diketahui ketika kalian sudah menjadi karyawan pada perusahaan tersebut. Tidak semua perusahaan memiliki budaya yang tepat, bahkan budaya perusahaan yang buruk akan menghambat karir dan perkembangan prestasi kalian.

 

Berikut ini adalah budaya – budaya perusahaan yang harus kalian hindari dan jika budaya ini ada pada perusahaan kalian, kalian bisa mencari perusahaan lain dengan budaya perusahaan yang baik.

 

Budaya Bergosip

Bergosip  sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan, dan seiring berjalannya waktu sudah menjadi budaya. Budaya ini tidak akan selesai dengan mudah. Jika kalian tidak pandai menjaga diri sendiri dan menahan serta mengecilkan diri, maka kalian bisa menjadi bagian dari budaya perusahaan gosip.

 

Karyawan tidak mau menerima kritik

Jika ternyata banyak rekan kerja yang tidak mau menerima kritik, tetapi cenderung menyalahkan orang lain, maka kalian perlu mempertimbangkan untuk tinggal di sini lagi. Kritik dituntut untuk mengoreksi kesalahan semua pihak agar SDM dan perusahaan bisa maju bersama.

 

Karyawan keluar dengan sangat cepat

Sebagus apapun perusahaan, jika budayanya tidak baik, tidak akan ada karyawan yang bekerja di rumah. Jika kalian benar-benar baru dipekerjakan oleh perusahaan dengan karyawan yang bergerak cepat, kalian harus berhati-hati.

 

Jam Kerja Tidak Teratur

Sebagai pekerja full time dan harus datang ke kantor sudah seharusnya kalian memiliki jam kerja teratur. Hal ini penting karena hidup kalian tidak hanya untuk bekerja saja tetapi ada keluarga dan juga sahabat yang memiliki kalian. Jika jam kerja kantor tidak teratur, dan kalian selalu diminta untuk lembur terus menerus, sebaiknya kalian mencari perusahaan lain yang memiliki jam kerja teratur agar hidup kalian juga termanajemen dengan baik.

 

Itulah beberapa budaya perusahaan yang sebisa mungkin harus kalian hindari. Jika perusahaan kalian saat ini memiliki budaya perusahaan seperti diatas, alangkah baiknya kalian memilih keputusan yang lebih bijak dengan mencari perusahaan lain yang budayanya sesuai. Karena budaya yang baik akan membentuk karyawan yang baik pula. Dan jika perusahaan kalian tidak memiliki budaya seperti diatas dan cenderung lebih positif, kalian harus mempertahankan perusahaan kalian itu ya!