Bagidata

Sekarang media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari membaca berita di pagi hari, mengupload foto makan siang, sampai menonton video sebelum tidur, semua dilakukan secara online di era digital sekarang. Dan tanpa kalian sadari, semua aktivitas yang kalian lakukan di dunia maya, sudah tercatat secara digital. 

 

Tetapi apakah ini merupakan sesuatu yang harus kalian perhatikan? Jawabannya iya. 

 

Bagi pelamar kerja, jejak digital harus diperhatikan. Karena recruiter sekarang melihat juga media sosial, dan jika ditemukan culture atau behavior yang negatif, kemungkinan besar Anda tidak akan diterima. Berikut beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum mengunduh sesuatu online.

 

  1. Hindari kata-kata yang dapat menyinggung orang.

Dalam mengunduh postingan atau berkomentar di kolom komen, kalian harus memastikan bahwa tidak ada unsur negatif. Unsur negatif dapat berupa kata-kata SARA, hoax, ataupun hate speech. Karena ingat, semua yang kalian lakukan di dunia maya semua tercatat.

  1. Cek fakta terlebih dahulu

Ketahui sebelumnya, jika postingan atau komentar kalian sudah terbukti kebenarannya. Kalian ingin calon recruiter melihat bahwa kalian memiliki kredibilitas tinggi yang dapat dipercaya.

  1. Tunjukkan diri secara positif

Untuk memikat calon recruiter, kalian harus mem-branding diri kalian secara positif. Contohnya seperti posting konten-konten yang bermanfaat, memberi komentar membangun, ini dapat menjadi nilai plus untuk kalian lho.

 

Nah, penting sekali untuk menjaga online presence yang baik di media sosial. Kalian harus memastikan apapun yang kalian unduh online akan tercatat. Dan jika kalian tidak memiliki jejak yang baik, makan kedepannya akan merugikan kalian.

Sebelum terlalu lambat, mari bersama-sama kita introspeksi diri kembali, apakah jejak digital kalian sudah baik? Jika belum, apa yang dapat kalian lakukan untuk memperbaikinya? Nantikan artikel-artikel menarik berikutnya, hanya di https://bagidata.com/blog