Bagidata

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kualitas karyawan, perusahaan harus menerapkan jenis-jenis pelatihan karyawan yang sangat dibutuhkan. Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia biasanya dilakukan secara rutin sebagai bagian dari rencana kerja dan budaya perusahaan. Pelatihan karyawan bisa dilakukan langsung oleh perusahaan, atau bisa juga dilakukan dengan menggunakan jasa tenaga ahli sesuai bidangnya masing-masing. Sebagai pedoman, beberapa jenis pelatihan karyawan dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas karyawan.

 

Pelatihan vokasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, berikut jenis pelatihan yang dapat diterapkan di sebuah perusahaan

 

  1. Job/Technical Training

Pelatihan ini lebih berfokus pada pekerjaan / tugas dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

  1. Interpersonal and Problem Solving Training

Pelatihan lebih difokuskan pada pemecahan masalah dalam proses produksi. 

  1. Developmental and Innovative Training

Jenis pelatihan ini akan melatih karyawan dalam pengembangan dan inovasinya untuk membantu operasional perusahaan. 

  1. Regular Training

Pelatihan semacam ini biasanya disebut juga pelatihan reguler, yaitu pelatihan rutin perusahaan secara bertahap dalam kurun waktu tertentu. Kebanyakan perusahaan akan melakukan pelatihan semacam ini.

 

Dengan memadukan pekerjaan yang berkualitas dan kemampuan yang kompeten dengan soft skill yang baik, idealnya pekerjaan akan selesai lebih cepat dan lebih baik, dan hasilnya juga akan meningkat. Soft skill juga akan mengurangi hambatan kerja yang tidak terkait dengan teknologi sehingga karyawan dapat bekerja dengan lancar.