Bagidata

Pasti para HR sudah tidak asing lagi dengan kata HRIS atau Human Resource Information System yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk memudahkan produktivitas HR saat bekerja. 

HRIS adalah perangkat lunak untuk mengelola berbagai kegiatan yang berkaitan dengan SDM melalui sistem yang tersentralisasi. Ini berarti termasuk penggajian, pembayaran pajak, proses rekrutmen, kehadiran dan cuti, dan evaluasi kinerja karyawan.

Pada proses Recruitment pastinya HR harus menganalisis ratusan, bahkan ribuan data. Maka dari itu HRIS banyak digunakan oleh perusahaan untuk membantu HR memilih calon karyawan terbaik. Berikut adalah manfaat HRIS bagi para HR.


  1. Mengurangi Human Error

Software HRIS memungkinkan Anda mengurangi bahkan human error karena proses perhitungan dan rekapitulasi data dilakukan secara otomatis. Pengguna atau HR hanya memasukkan dan mengintegrasikan data. 


  1. Mempersingkat Pekerjaan HR

Software HRIS juga memberikan kemudahan berupa mampu mempersingkat pekerjaan HR. Misalnya selama ini Anda bisa menghabiskan waktu  seharian untuk proses rekap absensi dan perhitungan gaji karyawan, dengan software HRIS Anda bisa mengelola pekerjaan HR hanya dalam hitungan jam.


  1. Data Terpusat, Aman dan Mudah Diakses

Salah satu keunggulan dari software HRIS adalah data tersimpan dan terpusat pada penyimpanan cloud. Karena data yang terpusat di dalam cloud, bagian HR atau personalia hanya menginput data yang kemudian diproses secara otomatis oleh sistem komputasi cloud. Sehingga HR tidak perlu lagi dipusingkan dengan pengolahan data secara manual.


Tanpa bantuan dari HRIS, lebih besar kemungkinan adanya kesalahan atau human error pada saat bekerja. Maka dari itu banyak perusahaan sudah memakai sistem HRIS untuk membantu mengurangi risiko kesalahan atau human error dalam pekerjaan. Bagidata juga memiliki berbagai macam solusi untuk keperluan HR, mulai dari applicant profiling sampai talent development. Untuk informasi lebih mengenai Bagidata dapat klik di sini