Bagidata

Proses seleksi rekrutmen dirancang supaya para HR dapat memilih kandidat yang paling cocok untuk sebuah posisi di perusahaan. Untuk melihat kecocokan ini, ada banyak metode seleksi yang bisa dipergunakan oleh praktisi HR. Kecocokan yang dimaksud pun bisa ada beberapa macam, mulai dari kecocokan dengan budaya perusahaan (culture fit) hingga kecocokan dengan pekerjaan yang akan mereka tekuni (job fit).


Kandidat terpilih nantinya akan berdampak besar pada dirinya sendiri maupun untuk perusahaan. Mengutip dari penelitian European Journal of Work and Organizational Psychology, ketika karyawan percaya bahwa pekerjaan yang mereka lakukan sesuai dengan keterampilan dan keterampilan mereka, maka motivasi mereka untuk bekerja juga akan meningkat. Dan tentu saja ini akan berdampak positif untuk perusahaan.


Lewat artikel ini, Anda akan memahami lebih dalam tentang apa itu job fit beserta manfaat yang dihasilkan bagi perusahaan anda!


Job fit, atau yang juga biasa disebut dengan person-job fit, adalah cara untuk menilai kecocokan karakteristik kandidat dengan suatu posisi di perusahaan melalui kepribadian, soft skills, pengalaman, dan nilai-nilai (values) yang mereka miliki dalam bekerja. Penilaian ini umumnya dilakukan untuk melengkapi penilaian kecocokan dari segi latar belakang pendidikan dan juga hard skills.. Penilaian dilakukan berdasarkan pada karakteristik posisi masing-masing.


Lalu apa saja sih manfaat job fit terutama untuk perusahaan Anda? berikut ini adalah beberapa manfaat job fit.


Meningkatkan Keterlibatan Karyawan Kepada Perusahaan


Karyawan yang nantinya cocok dengan posisi yang sedang mereka jalani, cenderung akan memiliki engagement atau keterlibatan yang lebih tinggi saat bekerja. Keterlibatan yang ditunjukkan yaitu dengan adanya komitmen secara emosional terhadap perushaan tempat mereka bekerja. Artinya mereka peduli terhadap pekerjaannya dan perusahaan tempat mereka bekerja.


Engagement atau keterlibatan yang tinggi nantinya akan memberikan berbagai dampak yang positif bagi perusahaan. Dampak positif tersebut diantaranya yaitu dapat meningkatkan profit perusahaan dan juga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Sebaliknya, enggament yang rendah akan sangat berdampak negatif pada kinerja perusahaan.


Meningkatkan Kepuasan Karyawan dalam Bekerja


Kecocokan yang pas, juga akan berdampak pada kepuasan kerja atau job satisfaction. Karena nantinya mereka akan merasa memiliki kemampuan dan didukung dengan kepribadian yang tepat untuk posisi mereka, sehingga  mereka bisa bekerja lebih baik dan merasa lebih puas dengan hasil kerja yang mereka lakukan. Kepuasan kerja juga berhubungan erat dengan tingkat engagement mereka dalam bekerja. Karyawan yang puas dengan pekerjaan yang mereka lakukan juga cenderung menunjukkan komitmen yang lebih tinggi terhadap pekerjaannya.


Mengurangi level rotasi karyawan


Selain untuk job satisfaction dan engagement yang lebih baik, menyeleksi kandidat berdasarkan job fit dengan posisi yang mereka lamar juga dapat menekan angka turnover. Sebuah data menunjukkan bahwa karyawan yang keluar dari pekerjaannya seringkali bukan disebabkan oleh alasan keuangan namun karena mereka tidak merasa cocok dengan posisi yang mereka kerjakan


Itulah beberapa manfaat dari job fit yang sangat baik untuk diterapkan di perusahaan Anda! Yuk mulai gunakan metode job fit agar nantinya kalian mendapatkan karyawan terbaik yang sesuai dengan posisinya. Tentu saja ini akan berdampak baik bagi perusahaan Anda!