Bagidata

Banyak perusahaan telah melaksanakan Work From Home guna mematahkan rantai virus COVID-19 sejak April lalu. Tetapi semenjak new normal sudah banyak perusahaan mulai kembali Work From Office atau shifting. Banyak sektor perusahaan yang terkena dampak pandemi, salah satunya adalah proses rekrutmen calon karyawan. Walau di tengah pandemi, masih banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja dan seluruh proses rekrutmen dilaksanakan secara online. Ini menjadi tantangan baru bagi para Recruiters, untuk dapat memaksimalkan proses rekrutmen walau secara online.

Proses rekrutmen secara online sebenarnya sudah tidak asing, namun penerapannya di Indonesia masih belum semaksimal luar negeri. Namun karena situasi pandemi saat ini, masih belum memungkinkan untuk melakukan proses rekrutmen secara tatap muka. Salah satu tahap proses rekrutmen di tengah pandemi adalah melalui interview online atau video interview. Proses interview yang biasanya dilakukan, mulai dari pengenalan diri, tanya jawab, sampai study case dilakukan secara online di depan Recruiter dan User.

Walau online, Recruiter harus memastikan beberapa hal demi mendapatkan hasil yang efektif serta efisien bagi perusahaan:

  1. Menjelaskan proses interview 

Sebelum mulai, Recruiter harus menjelaskan proses interview. Karena mungkin calon karyawan belum pernah menjalani interview secara online, akan lebih baik untuk memberi head start kepada calon karyawan supaya calon karyawan dapat mempersiapkan diri.

 

  1. Membuat calon karyawan merasa nyaman

Interview terkadang membuat calon karyawan merasa gugup dan tidak nyaman. Recruiter harus menciptakan suasana yang akan membuat calon karyawan merasa nyaman, salah satu cara adalah dengan melakukan perbincangan interaktif pada saat interview online. 

  1. Pastikan jaringan stabil

Cari tempat di mana jaringan internet stabil. Kita tidak ingin jaringan mengganggu proses rekrutmen, karena ini dapat berdampak pada proses rekrutmen.

Interview online adalah salah satu cara Recruiter beradaptasi di tengah pandemi. Jika dilakukan dengan benar, hasil interview online juga akan efektif dan efisien seperti interview tatap muka pada umumnya. Jaga kesehatan dan tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah, supaya rantai penyebaran virus di Indonesia dapat terhentikan.