Bagidata

Untuk mendapatkan kandidat yang terbaik, perusahaan haruslah paham bagaimana cara menarik mereka. Salah satu cara untuk menarik kandidat terbaik adalah dengan memahami candidate experience saat proses rekrutmen berlangsung. 

 

Lewat artikel ini, kalian sebagai HR akan mengetahui seberapa pentingnya candidate experience terutama dalam proses rekrutmen. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi perusahaan kalian kedepannya. Yuk simak baik-baik!

 

Apa itu Candidate Experience? 

 

Candidate experience adalah pengalaman kandidat selama proses rekrutmen berlangsung dalam suatu perusahaan, mulai dari bagaimana mereka mendapatkan lowongan, melamar, mengikuti proses seleksi seperti proses asesmen maupun wawancara, hingga onboarding. Pengalaman ini meliputi bagaimana mereka berperilaku dan bagaimana perasaan mereka terhadap proses rekrutmen tersebut. 

 

Proses rekrutmen adalah proses dua arah, kandidat dan perusahaan sama-sama bisa menilai sisi baik dan buruk yang ada. Kandidat pasti akan menilai perusahaan saat mereka memulai melamar ke perusahaan tersebut, dimana pengalaman tersbut bisa positif maupun negatif.

 

Pengalaman yang baik tentunya juga berdampak baik bagi perusahaan, karena kandidat mendapatkan kesan yang baik tentang perusahaan, dimana ternyata perusahaan tersebut berhasil membuat citra baik bagi kandidat. Sebaliknya, pengalaman yang negatif akan menimbulkan kesan yang buruk dan juga akan berdampak negatif bagi perusahaan.

 

Seberapa Pentingkah Candidate Experience Saat Proses Rekrutmen?

 

Memastikan kandidat mendapat pengalaman yang positif selama rekrutmen adalah hal yang penting, namun seringkali terlewatkan oleh para praktisi HR. Berikut adalah beberapa alasan mengapa candidate experience yang positif sangat penting bagi HR terutama bagi perusahaan.

 

1. Meningkatkan keberhasilan proses rekrutmen

 

Kesan yang baik akan meningkatkan keberhasilan proses rekrutmen dalam bisnis. Sebaliknya, pengalaman kandidat yang buruk dapat menurunkan tingkat keberhasilan rekrutmen di perusahaan. Semakin lama dan semakin berbelit-belit proses rekrutmen di suatu perusahaan, semakin buruk pengalaman kandidat saat melamar di perusahaan tersebut.

 

2. Memperluas jangkauan perusahaan dalam rekrutmen

 

Pengalaman kandidat positif juga dapat memperluas ruang lingkup perusahaan untuk mencapai talenta berkualitas tanpa harus menambahkan saluran rekrutmen.

 

3. Mengangkat Employer Brand Perusahaan

 

Word of mouth adalah salah satu cara paling efektif perusahaan bisa menciptakan employer brand yang positif, dan praktisi HR bisa mendapatkannya dengan meningkatkan candidate experience.

 

4. Meningkatkan kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan kompetitor

 

Perusahaan yang bisa menciptakan candidate experience yang positif nantinya akan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan kompetitornya. Hal ini dikarenakan employer brand yang kuat dan jangkauan kandidat yang lebih luas, maka nantinya perusahaan akan lebih mampu menjangkau calon kandidat yang berkualitas, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kompetitif perusahaan.

 

Candidate experience atau pengalaman kandidat selama rekrutmen adalah hal yang penting untuk diperhatikan bagi kalian selaku praktisi HR. Pengalaman yang positif memiliki banyak manfaat bagi perusahaan, dan juga diketahui dapat meningkatkan keberhasilan proses rekrutmen hingga kemampuan perusahaan untuk berkompetisi. Yuk mulai perhatikan dan tanyakan pada kandidat kalian seputar perjalanannya melamar ke perusahaan Anda!