Bagidata

Mengelola berbagai proses dalam lingkup human resources (HR) bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Misalnya, perekrutan karyawan, proses onboarding karyawan baru, penilaian hasil kinerja dan masih banyak lagi tugas yang harus dilakukan. Inilah mengapa talent management sangat dibutuhkan oleh seorang HR.

 

Talent Management adalah cara atau sistem untuk mengevaluasi dengan baik setiap karyawan di perusahaan. Hasil evaluasi berguna untuk melihat dan mengevaluasi apakah karyawan dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. 

 

Sistem talent management nantinya akan memberikan penilaian mengenai apakah seorang karyawan mampu memberikan kontribusinya dalam pencapaian tujuan perusahaan atau tidak.

 

Ada banyak manfaat talent management bagi perusahaan dan karyawan, berikut manfaat talent management : 

 

Data Terintegrasi dan Mudah Diakses

 

Talent management yang baik dapat diintegrasikan dengan proses sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Jika data Human Resource Infrormation System (HRIS) yang dikumpulkan sulit untuk dianalisis, data pada sistem talent management akan terintegrasi dan mudah diakses.

 

Hal ini memungkinkan kalian untuk memahami data mana yang tersedia dan berguna untuk perkembangan perusahaan. Data ini kemudian dapat membantu kalian merumuskan strategi dan membuat keputusan terbaik.

 

Proses Rekrutmen yang Lebih Efektif

 

Talent management dapat membantu kalian merekrut kandidat yang memenuhi syarat dan profesional. Ia memiliki kemampuan untuk menjelaskan deskripsi pekerjaan, melacak data pencari kerja dan mengelola pencari kerja, membuat sistem manajemen talenta menyederhanakan proses rekrutmen.

 

Mempertahankan Karyawan Terbaik

 

Perusahaan tentunya ingin mempertahankan karyawan terbaiknya, dan melalui talent management yang berisi semua informasi karyawan, kalian dapat memantau kinerja, prestasi, kemampuan, dan ambisi karir masing-masing karyawan.

 

Kemudian, ini memberi kalian informasi tentang apa yang dapat membuat mereka betah dan tetap menikmati bekerja di perusahaan.

 

Inilah keunggulan talent management yaitu dapat menyimpan semua data, sehingga memudahkan kalian dalam menganalisis atau menghasilkan laporan tertentu.

 

Pengembangan SDM

 

Salah satu manfaat dari talent management adalah memberikan pilihan untuk program pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Misalnya kursus yang berkaitan dengan bidang karyawan, kursus pengembangan keterampilan atau sertifikasi.

 

Selain itu, talent management juga dapat mengumpulkan data tentang skill masing-masing karyawan, sehingga HRD dapat merancang pelatihan khusus.

 

Meningkatkan Engagement Antara Karyawan dan Manajer

 

Jika kalian sedang mencari cara untuk meningkatkan engagement di perusahaan kalian, maka talent management system adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan.

 

Profil karyawan dapat membantu karyawan dan manajer berinteraksi, misalnya, saat berbicara tentang pengembangan karir karyawan.

 

Talent management system mendorong setiap pihak untuk berkontribusi terhadap perusahaan melalui pekerjaan yang dilakukan setiap harinya demi mencapai tujuan perusahaan maupun personal.

 

Nah, itu dia alasan mengapa talent management sangat penting bagi seorang HR. Selain untuk memudahkan pekerjaan HR, talent management secara tidak langsung akan membuat perusahaan mencapai tujuannya melalu talent terbaik dari talent management.