Bagidata

Pernah mendengar istilah kata “Big Data”? Dari katanya sendiri pasti kita sudah memiliki asumsi tersendiri. Namun kata tersebut berarti lebih dari sebuah “data besar”, Big Data adalah istilah khusus yang digunakan untuk data yang melebihi kapasitas pemrosesan database konvensional karena berjumlah terlalu besar, bergerak terlalu cepat, dan tidak sesuai dengan kemampuan struktural dari arsitektur database tradisional.


Sehingga dilakukan suatu proses dengan sistem terintegrasi yang mampu menangani Big data yang disebut Big Data Analytics. Peran Big Data sangat krusial dalam sebuah bisnis, dan belum semua perusahaan menggunakan Big Data sebagai dasar untuk mengelola informasi mentah menjadi sebuah keuntungan potensial bagi perusahaan kedepannya. 


Manfaat Big Data Analytics

  1. Mengurangi biaya pengeluaran

Ketika semua data diolah dengan baik, Anda dapat melihat apa saja yang masih efektif digunakan dan tidak. Dengan begini perusahaan Anda akan mengurangi biaya untuk kegiatan yang memang sudah tidak efektif untuk perkembangan bisnis Anda.


  1. Efisiensikan waktu

Karena semua data sudah diintegrasikan oleh sistem Big Data Analytics, Anda akan sangat menghemat waktu. Karena semua sudah tersusun rapi, dan dapat diperoleh kapan saja.


  1. Panduan untuk inovasi produk

Mengetahui apa saja yang sedang digemari publik menggunakan data, sudah terbukti efisien untuk membantu dalam proses inovasi produk. Ketika Anda memiliki data-data yang tepat, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda sesuai dengan apa yang sedang diminati publik.


  1. Membantu mengambil keputusan terbaik

Jika Anda sudah menemukan penyebab keberhasilan atau kegagalan dalam bisnis Anda, kedepannya akan lebih mudah untuk menentukan langkah selanjutnya yang harus diambil perusahaan.


Dapat kita lihat bahwa data memiliki peran besar dalam segala aspek perusahaan. Penggunaan Big Data Analytics tidak hanya akan membantu perusahaan berkembang, tetapi juga membantu persiapan strategi untuk perusahaan Anda kedepannya, guna mencegah adanya salah langkah.