Bagidata

Kasus penyebaran dan penularan virus COVID-19 saat ini semakin mengkhawatirkan, terutama di Indonesia. Banyak daerah di Indonesia yang mengalami peningkatan kasus, terutama DKI Jakarta. Jakarta kembali menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) secara ketat hingga 11 Oktober. Hal ini membuat beberapa perusahaan kembali menerapkan kebijakan Work From Home atau bekerja dari rumah. Namun akankah work from home bisa produktif bagi seorang HR?


Banyak pandangan tentang work from home, ada yang beranggapan bahwa sistem WFH bisa sangat produktif, ada pula yang beranggapan sebaliknya. Berikut, tips cara atur karyawan agar pekerjaan dari rumah atau work from home menjadi lebih efektif dan produktif!


Buatlah Perencanaan


Saat work from home, seorang HR harus tetap menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh karyawan seperti laptop, akses informasi, atau sumber daya lain yang dapat menunjang produktivitas karyawan. 

HR juga harus tetap berkomunikasi dan berkordinasi dengan semua supervisor unit mengenai laporan, pembagian tugas, dan sistem kerja yang akan digunakan dalam tim saat bekerja dari rumah. HR juga dapat memanfaatkan aplikasi HRIS (Human Resource Information System) yang digunakan perusahaan atau menggunakan alternatif aplikasi atau situs seperti Trello untuk laporan dan hal-hal yang berhubungan dengan pembagian tugas. Untuk laporan yang bersifat data atau menyangkut privasi perusahaan, bisa menggunakan email atau Google Drive sebagai media pelaporan.

Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Bekerja di rumah dan di kantor sangatlah berbeda. Jika saat di kantor kita memiliki jadwal dan batasan seperti kapan waktu bekerja, kapan waktu istirahat, kapan waktu untuk meeting atau sekedar menyapa rekan kerja lain, saat kita bekerja di rumah tentu saja kita tidak memiliki batasan seperti itu. Kita mungkin sering kali overtime dan lupa untuk beristirahat, atau kita terlalu santai hingga melupakan pekerjaan kita.

Dengan menciptakan ruang kerja yang nyaman, memiliki koneksi internet stabil, dan terhindar dari noise, akan membuat kita lebih fokus bekerja dan terhindar dari distraksi yang tidak diinginkan. Kalian bisa mengatur ulang kamar kalian, atau sengaja membuat ruangan khusus untuk bekerja. Semakin nyaman ruang kerja, maka akan semakin produktif!

Selalu Jaga Komunikasi

Akan ada banyak sekali miskomunikasi saat kalian bekerja di rumah, maka dari itu komunikasi sangat penting dilakukan, terutama komunikasi virtual. Banyak sekali aplikasi untuk meeting call seperti Zoom Meeting ataupun Google Meet. Selalu maksimalkan penggunaan aplikasi tersebut ya! karena jika terjadi miskomunikasi, maka bukan hanya kalian saja yang terkena dampaknya, namun perusahaan juga akan terkena dampaknya. 

Pastikan untuk berkomunikasi dengan anggota tim kalian ketika akan bekerja dan dan jangan lupa tentukan deadline sehingga setiap karyawan mengumpulkannya secara tepat waktu!

Evaluasi Kerja Perminggu

Tugas seorang HR dalam membangun kerjasama tim saat work from home adalah melakukan evaluasi kerja pada setiap tim. Evaluasi dilakukan tiap akhir minggu. HR dapat menampung apa kendala yang terjadi saat Work from home, pekerjaan apa saja yang telah diselesaikan selama work from home, dan juga apa yang akan dikerjakan pada minggu berikutnya.

Sekian artikel tips seputar dunia HR kali ini, selamat mencoba dan jangan lupa jaga kesehatan dan imun kalian ya! Dan selalu ingat bahwa work from home bukanlah ajang untuk liburan maupun pengabdian untuk perusahaan, namun hanyalah situasi yang mengubah tempat bekerja kalian.